Assalamu’alaikum wr wb

Hadis riwayat Abu Hurairah t, ia berkata: Rasulullah r bersabda: Hari kiamat tidak akan terjadi kecuali setelah dua golongan besar saling berperang sehingga pecahlah peperangan hebat antara keduanya padahal dakwah mereka adalah satu [Shahih Muslim]

Bahwa akan tiba masanya orang-orang muslim itu tidak memiliki imam lalu mereka terpecah-pecah dalam banyak kelompok (perang saudara), maka yang seharusnya diperbuat oleh seorang muslim pada masa itu adalah menjauhi semua kelompok sampai ada salah satu yang menang.

Dalilnya adalah hadits Hudzaifah radhiallahu’anhu :

Aku (Hudzaifah) bertanya: “Apa yang engkau perintahkan kepadaku jika aku menemuinya?”. Beliau Shallallahu ‘alaihi wa Salam bersabda: “Berpegang teguhlah pada Jama’ah Muslimin dan imamnya”.

Aku bertanya: “Bagaimana jika tidak ada jama’ah maupun imamnya?”. Beliau bersabda: “Hindarilah semua kelompok itu, walaupun dengan menggigit pokok pohon hingga maut menjemputmu sedangkan engkau dalam keadaan seperti itu”.

Hadits ini shahih, riwayat Bukhari (3/1319) no. 3411 dan pada nomer yang lain, Muslim (3/1475) no. 1847 dan lain-lain.

Imam At Thabari rahimahullah berkata: “Pada hadits ini ada petunjuk bahwa bila pada suatu saat umat islam tidak memiliki seorang pemimpin/imam, sehingga mereka terpecah-belah menjadi berbagai sekte, maka tidak dibenarkan bagi seorang muslim untuk mengikuti siapa saja dalam hal perpecahan ini. Akan tetapi hendaknya ia menjauhi mereka semua -bila ia mampu melakukan hal itu- agar ia tidak terjerumus dalam kejelekan” [Dari Fathul Baari (13/44) karya Al-Hafzih Ibnu Hajar rahimahullah].

jadi, saya memandang kelompok-kelompok yang ada sekarang sebagai kelompok-kelompok yang tidak memiliki seorang pemimpin, sehingga saya mencegah diri saya sendiri untuk memasuki salah satu kelompok yang ada… wallahu’alam

wassalam,
Haekal